Wednesday, May 11, 2011

IDEOLOGI VS IDEOLOGI

     Ketika Ideologi pada suatu Negara mulai memudar, dan dipinggirkan maka akan muncul Ideologi-Ideologi baru yang dapat mengancam eksistensi Ideologi yang telah ada yang dianggab absah. Ini dapat terjadi pada setiap Negara di manapun berada, tidak menutup kemungkinan dengan Indonesia. Sejak 1 Juni 1945 muncul Nama Pancasila, yang pada akhirnya nama tersebut resmi sebagai Ideologi Negara, sebagai landasan Ideologi Negara bersamaan lahirnya Undang-Undang  Dasar Negara pada 18 Agustus 1945,. akan sirna bahkan tiada hanya dengan suatu Kesepakatan  Nasional yang menganggab bahwa keberadaan Pancasila sudah tidak sesuai dengan keadaan kekini an Indonesia.
     Pancasila merupakan Filsafat bangsa, yang pada kondisi tertentu spekulasi kebenarannya akan banyak disangsikan dan dipertimbangkan untuk dipertahankan, terutama bagi generasi penerus bangsa yang secara historis kurang memahami keberadaannya dan kebenarannya, karena kurangnya pemahaman sebab tidak diberikan pemahaman secara efektif dalam pembelajaran di pendidikan formal, maupun non formal. Terlebih dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara jauh meninggalkan prisip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila.
     Jika demikian adanya maka tinggal tunggu waktu, ini adalah ungkapan kekhawatiran, yang sangat mungkin akan terjadi jika tidak adanya upaya dari berbagai pihak untuk mempertahankan Ideologi Pancasila dengan tindakan nyata.
    

1 comment:

  1. sangat mungkin Pancasila kan sirna, jika semangat generasi penerus telah pudar tuk mempertahankan,dan menggatinya dengan ideologi lain melalui kesepakatan Nasional...

    ReplyDelete

coment :