Sunday, November 14, 2010

AKUMULASI MASALAH DALAM OTODA

       Pelaksanaan Otoda di berbagai daerah banyak terdapat hambatan secara teknis  sebuah cara baru dalam menjalankan  pemerintahan  , memang membutuhkan sosialisasi  dan uji coba yang cukup sebelum diterapkan dan dilaksanakan secara permanen dan menyeluruh.
       Berdasarkan pelaksanaan otoda  selama ini, beberapa masalah muncul di lapangan diantaranya : Kebijakan otonomi di Daerah terkesan disusun dan dilaksanakan secara tergesa-gesa . Kurangnya sosialisasi dalam penerapannya maka pada awal pelaksanaannya menimbulkan kebingungan pada masyarakat bahkan pada pada pemerintah daerah, Otonomi memberikan yang terlalu besar kepada daerah sehingga sering menyebabkan pemerintah daerah terjebak untuyk mengeluarkan berbagai kebijakan yang melampaui batas . Dari beberapa pengalaman otonomi daerah bahkan menyeret para pejabat dan wakil rakyat ( anggota DPRD ) di daerah melakukan koropsi, kolusi dan nepotisme.
       Pelaksanaan otonomi daerah yang baik terkontrol dan terkendali dapat menimbulkan sikap daeralisme "yakni paham paham kedaerahan dalam membuat berbagai kebijakan sehingga dapat melahirkan kebijakan-kebijakan yang kurang memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai kepentingan negara secara nasional ; Serta peleksanaan otonomi dserah dapat menimbulkan eksploitasi oleh pemerintah daerah terdapat masyarakat di daerah . Hal ini biasanya terkait dengan masalah Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) . Daerah yang miskin sumberdaya alam jelas sulit untuk meningkatkan PAD , yang kemudian diambil jalan pintas oleh pemerintahan otonomi dengan memberlakukan berbagai pungutan pajak , dan retrebusi daerah , yang pada akhirnya menambah beban masysrakat semakin berat dirasakan dengan pelaksanaan Otonomi daerah.
      Terlebih lagi dengan  masuknya calon independen dalam pemilihan Kepala Daerah,dan wakil kepala Daerh sebagaimana diatur UU NO 12 Tahun 2008 , yang meerupakan perubahan ke Dua UU NO 32 Tahun 2004, membuat pelaksanaan OTODA semakin sarat beban permasalahan, yang memunculkan konflik-konflik politik di tingkat Daerah.


Di Sari dari materi Kelas IX smt 1

No comments:

Post a Comment

coment :